Saturday, January 24, 2009

about anemia

JANGAN SEPELEKAN ANEMIA



Anda sering merasa letih, mudah mengantuk, sulit konsentrasi, jantung berdebar2, napas pendek2, kedinginan (meski cuaca tdk dingin), dan pusing tiba2 pdhl tidak melakukan aktivitas berat? Atau bibir dan bagian dalam mata anda pucat? Hati-hati, bisa jadi anda menderita anemia!
Anemia atau disebut juga penyakit kekurangan darah, memang lebih banyak menyerang wanita. Saat ini diseluruh dunia, diperkirakan ada 400juta wanita mengidap anemia. Haid bulanan, kehamilan, proses melahirkan dan diet berlebihan, dianggap sebagai biang keladi timbulnya anemia pd wanita. Sayangnya banyak wanita yang menganggap enteng anemia..Padahal kalau anemia dibiarkan berlarut-larut, bukan saja kualitas hidup yang menurun, tapi bisa berakibat fatal pada kematian...


Penyebab anemia

Anemia terjadi ketika kadar sel darah merah didalam tubuh terlalu rendah. Padahal sel-sel darah merah bertugas mengandung hemoglobin, yang bertugass mengantar oksigen dari jantung dan paru-paru ke seluruh tubuh. Bila pasokan oksigen terhambat, tubuh pun kekurangan energi.

Anemia sendiri terdiri dari 5 jenis, tergantung penyebabnya.
Pertama, anemia akibat kekurangan zat besi. Ini yang paling banyak terjadi, khususnya pada wanita. Penyebab utama anemia jenis ini, adlah hilangnya sejumlah darah secara rutin selama masa menstruasi, Atau bila anda terlalu sering melahirkan teruta bila jaraknya berdekatan.
Kedua, anemia akibat kekurangan vitamin. Khususnya vit b12 dan asam folat, yang membuat sel-sel darah merah tdk mampu mengirim oksigen keseluruh tubuh. Gejala yang sering timbul, antara lain sering kesemutan, cepat lupa, bahkan kadang-kadang penglihatan terganggu.
Ketiga, anemia yang timbul akibat adanya penyakit lain yang terdapat dalam tubuh. Terutama penyakit ginjal –khususnya mereka rutin menjalani cuci darah. Pasalnya ginjal mereka tidak mampu lagi memproduksisel darah merah dalam jumlah memadai, sementara zat besi dalam darah banyak yang hilang dalam proses cuci darah.
Keempat, anemia yang disebabkan oleh penyakit-penyakit kelainan darah yang bersifat keturunan misalnya thalassemia , meski kasusnya termasuk langka.
Kelima, anemia aplastik (aplastik anemia). Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari efek radiasi dan kemoterapi (dalam penyembuhan kanker), sering terpapar bahan-bahan kimia beracun (racun serangga atau cairan pembersih rumagtangga), obat-obatan tertentu (misalnya obat rematik-artritis), hingga penyakit autoimune (misalnya lupus).





Mengapa wanita?
Mengapa wanita lebih rentan terkena anemia? Sebab utamanya adalah karena setiap bulan wanita mengalami haid, apalagi mereka yang haidnya berat, darah yang keluar terhitung banyak. Masa haid yang normal

No comments: